Tips Praktis Bersihkan Lantai Dapur Berminyak

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Usai masak, kemudian lantai dapur jadi kotor dan berminyak, itu hal lumrah. Tapi, bila tidak dibersihkan secepatnya, takutnya lantai dapur jadi kusam, licin, dan berkerak. Tentunya hal itu akan jadi problem tersendiri dan bisa-bisa menghilangkan mute Bunda untuk masak lagi di kemudian hari.

Jangan khawatir, di rubrik “Tips Dapur” kali ini, punya solusinya. Di sini akan dibahas tips gampang untuk membersihkan lantai dapur yang berminyak.

Aktivitas menggoreng atau menumis memang sering menjadikan cipratan minyak sayur atau mentega di lantai dapur. Walhasil, lantai dapur jadi berminyak dan licin. Apalagi bila lantai di dapur rumah Bunda memakai ubin keramik atau kayu.

Tak cuma licin dan berbahaya. Kalau tak segera dibersihkan, lama-kelamaan menjadikan noda atau kerak yang sulit dibersihkan. Itu alasannya yaitu kotaran dan debu di dabut terperangkap oleh cipratan minyak yang melekat di lantai dapur.

Celakanya, terkadang air sabun (cairan mengandung deterjen) tak cukup ampuh untuk melenyamkap minyak yang terciprat ke lantai dapur. Setelah dibersihkan dengan air sabun, yang ada lantai dapur malah jadi tambah licin. Ini karena, sifat air yang memang tak sanggup bersatu dengan minyak.

Sebenarnya ada tips gampang membersihkan lantai berminyak akhir cipratan minyak sayur, margarin, atau mentega dari acara menggoreng dan menumis. Yaitu, dengan memanfaatkan tepung terigu.

Sifat tepung terigu yang sanggup menyerap cairan, sangat efektif mengangkat minyak yang terciprat di dapur lantai keramjk dan kayu. Tentunya, jenis lantai kayu mengkilap yang sudah di-finishing pernis, plitur, atau jenis cat kayu lainnya.

Pengaplikasiannya sangat sederhana dan mudah. Setelah memasak, bila lantai dapur terasa licin alasannya yaitu berminyak, Bunda cukup menaburkan tepung terigu di bab lantai dapur yang berminyak. Ratakan, kemudian diamkan 1-2 menit. Setelah itu, lap dengan kain lembap atau tisu lembap hingga beraih. Biarkan atau lap dengan kain kering atau tisu kering. Lantai berminyak pun akan sirna.

Praktis bukan? Tips gampang membersihkan lantai dapur ini akan sangat efektif bila dilakukan segera sehabis lantai terkena noda minyak. Selamat mencoba dan tetap jaga kebersihan lantai dapur Bunda, semoga program masak jadi lebih menyenangkan.