Terungkap! Inilah Tips dan Trik Membuat Kue Bolu Supaya Tidak Bantat Dan Gagal

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Bunda pernah nggak membaca resep cara membuat kue bolu yang enak lalu mencoba untuk mempraktekkan resep cara membuat kue bolu tersebut tetapi gagal. Kue bolu menjadi bantat dan keras. Jika pernah, saya tahu kok rasanya.. Ha..ha…

Pasti Bunda merasa gondok alias sebel banget kan kalau hasil praktek bikin  kue bolu panggangan kita malah bantat atau gatot alias gagal total. Kuenya justru menjadi keras, kSaya, atau tidak mengembang sempurna. Pokoknya gak layak banget deh untuk dimakan, terlebih jika disajikan untuk tamu. Saya pribadi pernah sebagian kali merasakan itu  Bunda. Sakitnya tuh di sini nih

Rasanya pasti kecewa berat karena telah capek-capek mengumpulkan bahan, mengadoni, eh pas sudah selesai berharap menjadi kue bolu yang legit, nah ini malah jadi justru gatot.

Tak kenal menyerah terus melalkukan riset (baca: beberapa kali gatot) serta mengulang tidak hanya sekali, akhirnya Saya bisa juga praktek membuat kue bolu antibantat. Cita rasanya pun memuaskan yang pasti Bunda kalo mencoba akan bilang: Enak! Ha..ha.. PD pokoknya.

Baiklaah Bunda, berikut ini Saya tuliskan beberapa tips dan trik yang dapat Bunda simak agar nanti saat praktek membuat kue bolu nggak bantat lagi. Yuk Bunda, baca yang komplit yaa jangan lupa dicoba

  1. Seluruh bahan untuk membuat kue bolu agar tidak bantat harus dikeluarkan dari tempat menyimpan agar menyesuaikan dengan suhu ruang.

Ini pengalaman saya beneran lho, Bunda. Dulu waktu pertama kali praktek resep cara membuat kue bolu, Saya langsung memakai telur yang baru diekluarkan dari dalam kulkan yang tentu saja suhu telur sangat dingin. Walhasil, taraaa. Kue bolu yang saya buat bantat dan keras. Faktanya memang telur yang terlalu dingin akan sangat sulit naik saat dikocok.  Tidak jauh berbeda denga margarin. Jangan langsung menuangkan margarin yang baru aja dilelehkan langsung ke dalam adonan bahan kue. Karena ketika margarin masih panas-panasnya langsung dicampur ke dalam adonan, bisa menyebabkan kue bolu yang kita buat menjadi bantat. Tunggulah beberapa saat sampai margarin menjadi agak hangat baru boleh deh dimasukkan ke dalam adonan bahan kue bolunya.

 

  1. Cara Melelehkan Margarin juga ada triknya

Eits Bunda harus tahu juga yaa, cara melelehkan margarinnya juga sesegera mungkin diperhatikan. meskipun gak boleh langsung dimasukkan sehabisdilelehkan, nyatanya margarin yang telah cair juga tak boleh dibiarkan terlampau lama di suhu ruang. Triknya nih, begitu sistemmengaduk adonan telah setengah berjalan, dengan cepat lelehkan margarin di atas panci dengan api super kecil. Gak usah menunggu sampai margarin meleleh seluruh ya. Kalau margarin telah hampir cair seluruh atau cuma tersisa jadi beberapa kecil, dengan cepat matikan api serta angkat. dengan cepat pindahkan ke wadah yang agak lebar, tetapi jangan piring ya

Soalnya kalau taruh di piring, margarin jadi laju dingin, sedangkan margarin leleh yang telah dingin itu justru bakal membuat bolu bantat. Anyway, area kecil margarin tadi akan cair dengan sendirinya pasal suhu yang hangat. Lalu, sembari tetap mengocok adonan, margarin hangat siap buat dituang

  1. Ini mungkin tak pernah terpikirnkan. Ternyata wadah serta alat yang digunakan tidak boleh sembarangan

Yaa, kelihatannya hanya sepele masalah wadah atau alat yang kita gunakan. Ternyata wadah dan alat yang digunakan untuk membuat adonan koe bolu ini harus benar-benar kering. Periksa satu per satu, jangan sampai masih ada air dan minyak yang masih tersisa di wadah yang kita pakai, atau bahkan masih ada mentega yang menempel. Perhatikan,wadah  lembap pun tidak boleh yaa Bun. Karena jika masih belum kering dan bersih benar bisa menyebabkan adonan kue mejadi tidak mau mengembang serta bantat. Oleh karena itu, sebelum alat-alat tersebut digunakan, Bunda harus memastikan benar kebersihannya. Karena jika hanya dilap saja, khawatirnya masih ada sisa minyak atau kotoran yang menenmpel. Usahakan diamkan dulu di suhu ruang semalaman agar kering dengan sendirinya, baru alat serta wadah siap digunakan!

 

  1. Perhatikan juga cara Bunda menuang bahan-bahannya

Ups, bahan kuenya tidak boleh main asal tuang saja ya, Bunda. Jangan tergesa-gesa ingin praktek. Perhatikan juga cara Bunda menuang bahan-bahan ke dalam adonan juga. Tuangkan bahan-bahan tersebut secara perlahan-lahan. Sebagai contoh, misalnya tepung terigu (ayak dulu ya agar tak ada terigu yang menggumpal). Bunda dapat menuang sedikit dulu, lalu aduk menggunakan spatula. Apabila sudah benar-benar tercampur rata baru tuang lagi sampai habis. Nah agar tidak perlu  berkali-kali mengaduk, Bunda dapat menggabungkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, cokelat bubuk, atau maizena. Begitu juga bahan cair layaknya margarin yang dapat digabungkan dengan pasta, susu cair, atau santan

 

  1. Lamanya mengocok adonan kue bolu.

Nah, kalau membuat bolu juga gak boleh dikocok lama-lama. Gunakan kecepatan rendah saat pertama mengocok telur, dengan gula serta emulsifier. Baru kemudian naikkan kecepatan mikser agar adonan mengembang baru kemudan tambah kecepatan pelan-pelan sampai yang paling tinggi untuk mengokohkan adonan. Lama mengocoknya juga harus diperhatikan. Kalau terlampau laju berhenti, adonan akan kurang statis serta laju turun bahkan sepanjang masih dipanggang

Tapi kalau kelamaan, adonan justru akan terlampau banyak ‘kemasukan’ udara yang nantinya mengakibatkan bantat. Intinya, ikuti resep serta petunjuknya baik-baik, jangan sembarangan improvisasi. Kecuali kalau teman-teman jelas jelas telah ekspert di bidang per-bolu-an yah

  1. Tak kalah penting untuk diperhatikan adalah temperatur oven

Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, Bunda butuh memanaskan oven terlebih dulu ya agar adonan gak terlampau lama adanya di dalam oven. Kalau kelamaan nanti adonan yang mengembang justru akan turun lagi saat masih di dalam. Panaskan oven sepanjang 5-10 menit. Jangan terlampau panas juga pasal nanti adonan justru jadi laju gosong

Ingat, senantiasa ikuti resep petunjuk dengan baik. Kalau adonan belum mengembang sempurna, jangan buka tutup pintu ovennya pasal nanti kuenya justru akan jadi turun. buat tahu apa kue telah matang atau belum, Bunda dapat menyerang area tengah kue dengan tusuk gigi atau tusuk sate. Kalau telah tak adanya adonan yang menempel, bermakna kue Bunda berhasil matang sempurna!

Itulah tadi tips-tips yang dapat Bunda ikuti buat bikin bolu antibantat serta antigagal. jelas jelas bikin bolu panggang ini agak tricky pasal banyak sekali detail serta langkah-langkah yang sesegera mungkin diperhatikan. Bahkan air setitik di dalam wadah aja dapatberakibat fatal. tetapi begitu kue telah matang prima serta berhasil, wahhh rasanya bahagia banget! survive mencoba serta jangan mudah menyerah ya!

Leave a Reply