Terkuak! Resep Kerupuk Atom (Bulat) Ikan Tenggiri Renyah Gurih Enak

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Kerupuk ikan tenggiri merupakan salah satu makanan ringan khas (tradisional) Indonesia. Kudapan ini banyak dijual di pasaran. Meski bentuknya tak bundar tepat menyerupai kacang atom, tapi kerupuk ini juga terkenal disebut kerupuk atom ikan tenggiri.

Karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, menciptakan kerupuk atom ikan tenggiri yummy dijadikan sebagai lauk. Terutama buat Anda yang tidak dapat makan tanpa kerupuk.

Anda juga dapat lho menciptakan kerupuk atom ikan tenggiri yang seenak dan serenyah menyerupai yang dijual di luaran sana. Kabar baiknya, County Food telah berhasil menguak diam-diam dari resep dan cara menciptakan kerupuk tersebut.

Mau tahu? Silakan simak ulasan lengkap resep kerupuk atom ikan tenggiri berikut ini hingga tuntas. Jangan mulai sebelum Anda betul-betul mengetahui tips dan cara membuatnya.

Bahan:
1. 100 gram fillet daging ikan tenggiri, giling hingga halus.
2. 2 butir telur ayam, 1 butir gunakan kuning telurnya saja.
3. 155 gram tepung sagu atau tepung kanji.
4. 0,5 sendok teh soda kue.

Bumbu:
1. 0,25 sendok teh garam.
2. 0,5 sendok teh penyedap rasa.
3. 10 gram gula pasir.

Tips:
1. Adonan yang dibentuk tidak perlu terlalu besar, alasannya dikala digoreng nanti gabungan kerupuk akan mengembang dengan sendirinya lantaran imbas dari soda kue. Hal ini juga berlaku untuk ukuran serpihan tiap adonan, cukup lebih kurang 1 sentimeter saja ukuran tiap potong adonan.
2. Saat menggoreng, jangan memakai api terlalu besar dan minyak sayur yang dipakai jangan terlalu panas. Kalau tidak, dikhawatirkan nanti gabungan kerupuk tidak dapat matang sempurna.
3. Goreng serpihan gabungan kerupuk sedikit demi sedikit, jangan terlalu banyak supaya matang merata.
4. Saat menggoreng, gabungan harus diaduk terus menerus hingga mengembang dan matang.
5. Tak ada salahnya kalau sebelum menggoreng, Anda mengujinya terlebih dahulu. Setelah minyak sayur (tidak terlalu panas) siap di dalam wajan, masukkan satu potong adonan, aduk terus hingga mengembang dan Anda rasa sudah matang. Lihat bab dalamnya, kalau masih berserat dan lembek, berarti belum matang.

Cara menciptakan kerupuk atom (bulat) ikan tenggiri renyah gurih enak:
1. Masukkan telur ke dalam wadah, kocok lepas.
2. Tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa, kocok hingga benar-benar tercampur semupuran.
3. Tambahkan daging ikan tenggiri, uleni hingga tercampur rata.
4. Sedikit demi sedikit dan sambil diuleni hingga kalis, tambahkan tepung sagu dan soda kue.
5. Bagi gabungan menjadi bulatan kecil, giling hingga mendapat bentuk bundar panjang dengan diameter kurang dari 1 sentimeter (harus < 1 cm), potong-potong.
6. Tuang minyak sayur pada 2 wajan besar, nyalakan api kompornya. Minyak sayur di wajan pertama cukup dihangatkan saja, sedangkan minyak sayur di wadan kedua dipanaskan.
7. Masukkan serpihan gabungan kerupuk pada minyak sayur hangat, aduk-aduk hingga sedikit mengembang, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, aduk perlahan hingga mengembang dan matang, angkat, tiriskan, biarkan suhunya turun.
8. Simpan di dalam toples bertutup, kerupuk atom (bulat) ikan tenggir sudah dapat disantap.

Resep kerupuk atom (bulat) ikan tenggiri renyah gurih yummy ini cukup untuk 8 orang.