Sensasi Randa Royal yang Menggoda Selera

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Makanan dari genre kudapan ini pastinya sudah bersahabat di indera pendengaran masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Jawa Tengah. Namanya yakni Randa Royal. Meski tak mencerminkan namanya, tapi yang pasti, kelezatannya tak perlu diragukan.
Ditelisik dari namanya, randa berarti janda. Sedangkan royal artinya foya-foya. Kaprikornus randa rayal yakni janda yang suka berfoya-foya. Kata randa dan royal berasal dari bahasa jawa.


Entah kenapa kudapan ini disebut demikian. Padahal, masakan ini boleh dinikmati siapa saja, tak hanya janda. Dari tekstur dan tampilan dalam penyajiannya, pun tak menggambarkan lisan janda yang gres diceraikan atau ditinggal mati sang suami.
Tak banyak orang yang tahu hal apa yang melatarbelakangi kudapan ini hingga dinamai randa royal.
Bahan utama kudapan ini yakni tape singkong. Anda sanggup mendapat tape singkong di pasar atau super market. Tapi, pilih tape singkong yang berkualitas baik. Sebab, cita rasa randa royal bertumpu pada tape singkong yang digunakan.


Tape singkong yang berkualitas baik yakni yang punya rasa bagus dan segar khas dari hasil fermentasinya. Kedua rasa tersebut yang menciptakan kudapan ini punya cita rasa yang khas.
Cara membuatnya cukup mudah. Tape singkong dihaluskan terlebih dahulu. Setela itu bentuk bulatan-bulatan yang sama ukurannya. Kemudian pipihkan.
Lupakan sejenak tape singkong. Ambil tepung gandum. Ambil sedikit gula dan garam. Gunakan air secukupnya untuk mengaduk semua materi hingga tercampur merata. Jika ingin mendapat sensasi yang lebih, taburkan sedikit bubuk vanili atau gunakan air sari daun pandan untuk mencampur gandum, garam dan gula.
Setelah itu, ambil tape singkong yang telah dibuat pipih tadi. Kemudian celupkan ke dalam gabungan tepung. Tapi, terlebih dahulu siapkan minyak panas. Goreng tape singkong yang telah dicelup ke dalam gabungan tepung hingga berwarna kuning kecokelatan.
Jaga biar minyak goreng dalam kondisi tetap panas. Proses menggoreng dengan minyak yang panas akan menambah nikmat cita rasa randa royal. Minyak yang benar-benar panas menciptakan tekstur gabungan gandum yang melapisinya akan terasa garing dan renyah.
Tak berhenti di situ. Anda juga sanggup berkreasi dalam menyajikan randa royal. Taburan gula halus atau sisipkan beberapa cokelat keping di dalam randa royal akan menambah sensasi rasanya. Paduan rasa tape singkong yang bagus dan cokelat akan terasa sangat nikmat. Sebagai referensi, Anda sanggup mencoba untuk mengaplikasikan resep tape goreng Istimewa isi cokelat serta resep tape goreng isi keju. Kedua resep kudapan tersebut cukup gampang untuk diaplikasikan.