Resep Sempolan Ayam (Daripada Beli Mending Buat Sendiri) Dijamin Lebih Enak

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Entah apa yang melatarbelakangi kudapan yang terbuat dari gabungan tepung sagu dan terkadang dikolaborasikan dengan daging ayam atau ikan ini disebut sempolan. Konon, kudapan ini merupakan makanan ringan khas Madiun. Tapi, ada juga yang menyebutnya khas Pati. Ada juga yang menyebutnya khas Semarang. Tak perlu terlalu dihiraukan, yang terperinci belakangan ini mulai banyak pedagang yang menjajakannya di pinggir jalan.

sempolan ayam

Masing-masing juga ramai dikerubuti pembeli. Wajar saja, rasanya memang cocok di pengecap orang Indonesial. Gurih dan biasanya pedas alasannya dicelup atau disiram dengan saus sambal. Tapi, Ada juga yang ditabur aneka rasa bumbu. Seperti, barbeque, keju, atau balado.

Nah, jika selama ini Anda merupakan salah satu penggemar sempolan dan selalu membeli, tampaknya kini Anda perlu mencoba untuk menciptakan sendiri. Sebab, pada kesempatan ini County Food akan membahas resep sempolan ayam lengkap dengan cara membuatnya. Dan, akibatnya dijamin lebih lezat ketimbang yang biasa Anda beli. Asal tahu saja, sebelumnya County Food juga sudah membahas resep cara menciptakan sempolan sederhana (tanpa daging) lezat banget.

Bahan untuk menciptakan sempolan ayam:
1. 200 gram dada ayam, ambil dagingnya saja, kemudian dicincang atau digiling hingga lembut.
2. 1 butir telur ayam.
3. 25 gram tepung terigu protein sedang.
4. 75 gram tepung sagu.

Bumbu:
1. 2 siung bawang putih, dihaluskan.
2. 3 siung bawang merah, dihaluskan.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
4. 0,25 sendok teh kaldu bubuk instan.

Pelengkap:
1. 1 utas daun bawang, iris tipis.
2. 1 butir telur ayam, kocok lepas.
3. 15 batang tusuk sate.
4. 1 liter air putih.
5. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Tips:
1. Sebelum dicincang atau digiling, balur daging ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi kedaluwarsa amis.
2. Sebagai materi pendamping, Anda dapat menyediakan saus sambal (ini resep cara menciptakan saus sambal untuk aneka sempolan) atau aneka serbuk bumbu.

Cara menciptakan sempolan ayam lebih lezat dari yang biasa Anda beli:
1. Masukkan daging ayam dan semua bumbu yang sudah disiapkan ke dalam wadah untuk menciptakan gabungan sempolan, aduk hingga tercampur rata.
2. Tambahkan daun bawang, aduk rata.
3. Secara bergantian dan bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan dapat dibentuk, masukkan tepung sagu dan tepung terigu.
4. Ambil gabungan sempolan ayam, bentuk sedemikian rupa hingga mendapat bentuk yang Anda inginkan, semat dengan tusuk sate.
5. Rebus air hingga mendidih, masukkan gabungan sempolan ayam yang sudah disemat tadi, biarkan hingga mengapung, tandanya sudah matang, angkat, tiriskan.
6. Tambahkan garam dan lada putih bubuk secukupnya pada telur kocok.
7. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
8. Celupkan sempolan ayam yang sudah dikukus ke dalam minyak sayur, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng hingga berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
9. Pindah ke wadah saji, sempolan ayam (daripada beli mending buat sendiri) dijamin lebih lezat sudah dapat dinikmati.

Resep sempolan ayam (daripada beli mending buat sendiri) dijamin lebih lezat ini cukup untuk 5 orang.

Tags: