Resep Laksa Ayam dan Udang

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Resep ini syarat dengan rempah. Berasal dari bahasa sangsekerta laksa berati banyak (bumbu atau materi yang digunakan begitu banyak). Kuahnya terasa gurih karena mamakai santan. Disamping itu laksa ayam dan udang ini juga kaya cita rasa karena banyak menggunakan jenis rempah.

Resep laksa ayam dan udang kecil ini merupakan jenis makanan peranakan. Disebut makanan peranakan, karena konon resep ini merupakan hasil perpaduan antara budaya China (Tionghoa) dan budaya masyarakat Melayu. Diidentikan berasal dari budaya Tionghoa karena di dalam resep laksa ada mi sebagai salah satu materi baku utamanya. Sedangkan diidentikan berasal dari budaya Melayu karena resep laksa menggunakan bermacam-macam rempah-rempahan. Pasalnya, sajian masakan khas masyarakat melayu juga menggunakan banyak materi rempah.

Kendati demikian, ada juga laksa versi masyarakat Sunda dan Betawi. Laksa khas masyarakat Sunda identik dengan Laksa Bogor. Selain gurih, terdapat cita rasa unik pada kuah Laksa Bogor. Sebab, kuah Laksa Bogor menggunakan oncom. Sedangkan kuah Laksa Betawi mengandung udang.

Bila Anda tertarik mencobanya, berikut ini ialah resep laksa ayam dan udang. Bila kesulitan ebi, Anda boleh menggantinya dengan udang biasa.Udang digunakan untuk memperkuat cita rasa kuahnya.

Silakan simak resep laksa ayam ini dengan teliti. Sebab, ada beberapa materi di dalam daftar resep yang jumlah atau takarannya sanggup diubahsuaikan dengan selera Anda. Perlu Anda ketahui intinya cita rasa yang menonjol pada sajian masakan laksa ayam dan udang ini ialah gurih, segar dan pedas. Resep laksa ayam dan udang ini setara 6 porsi.

Bahan utama untuk menciptakan laksa ayam dan udang:
1. Minyak goreng untuk menumis.
2. 4 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
3. 2 batang serai, bersihkan dari kulit terluah, kemudian dimemarkan.
4. 10 lembar daun jeruk purut.
5. 1,5 liter santan dari 1,5 butir kelapa.
6. Garam secukupnya.
7. Gula pasir secukupnya.
8. 600 gram udang, dibersihkan, kemudian dikupas.
9. 100 gram tahu (tofu) sutera, potong dadu dengan ukuran sesuai selera, kemudian digoreng (Bila 10. kesulitan mendapat tahu sutera, boleh diganti jenis tahu lain, menyerupai tahu pong atau tahu takwa atau tahu putih).
11. 150 gram daging ayam rebus, suwir-suwir atau dipotong bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera.
12. 100 gram bakso ikan, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian.


Bahan yang dihaluskan untuk menciptakan laksa ayam dan udang:
1. 12 buah cabe merah, buang bijinya (Jumlah cabe boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera).
2. 100 gram udang kering, rendam sampai lunak. Haluskan udang udang kering terlebih dahulu sebelum dihaluskan kembali bersama materi lain dihaluskan.
3. 5 sentimeter jahe.
4. 10 siung bawang merah.
5. 5 siung bawang putih.
6. 1 sendok teh terasi, dibakar atau digoreng.
7. 4 sentimeter kunyit, dibakar.
8. 1 sendok makan ketumbar butiran, disangrai.


Bahan komplemen untuk laksa ayam dan udang:
1. 150 gram mi besar atau kwetiau, rendam sampai lemas, ditiriskan.
2. 150 gram taoge, rendam dengan air panas, ditiriskan.
3. Jeruk nipis, iris-iris untuk diperaskan ke dalam laksa ayam dan udang kering sesudah ketika disajikan.
4. Cabai secukupnya, rebus, ditiriskan.

Tips memasak laksa ayam dan udang:
1. Saat mengolah ayam, sesudah dicuci bersih. Setelah itu lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis. Air jeruk nipis untuk menghilangkan busuk amis. Tak perlu menggunakan garam, karena daging ayamnya nanti dimasak bersama materi lain. Makara daging ayamnya otomatis akan menyerap cita rasa kuah laksa itu sendiri.

Cara memasak laksa ayam dan udang:
1. Panaskan minyak goreng. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan. Setelah itu segera masukkan lengkuas, serai, dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
2. Tambahkan santan, garam dan gula, aduk. Didihkan.
3. Setelah harum, tambahkan udang, tahu, ayam, dan bakso ikan, aduk. Masak sampai matang. Angkat.
4. Taruh mi laksa dan taoge dalam mangkuk saji. Siram dengan kuah laksa. Higangkan dengan irisan jeruk nipis. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep nasi goreng udang original serta resep cap cay udang versi kering.

Adapun resep laksa ayam dan udang ini cukup untuk 4 porsi.