Resep Bolu Panggang Teflon yang Enak dan Lezat

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Kue bolu atau yang juga dikenal dengan nama cake dalam bahasa Inggris, ialah salah satu jenis camilan elok yang banyak digemari. Rasanya yang elok dan teksturnya yang lembut menciptakan camilan elok bolu disukai aneka macam kalangan masyakat.

Kue bolu atau yang juga dikenal dengan nama cake dalam bahasa Inggris Resep Bolu Panggang Teflon yang Enak dan Lezat

Kue bolu dibentuk dari materi dasar tepung terigu, telur dan gula. Selain memakai materi dasar tersebut pada pembuatannya, campuran bolu juga ditambahkan pengembang camilan elok ibarat ovalet atau baking soda dan aneka macam macam perisa. Kue bolu ketika ini biasanya juga dihias dengan aneka macam macam dekorasi untuk aneka macam macam perayaan mulai dari ulang tahun, ijab kabul dan lain sebagainya. Keberadaan camilan elok bolu yang merupakan warisan budaya barat semakin menggeser tugas nasi tumpeng yang biasanya ada dalam perayaan.

Kue bolu biasanya dibentuk dengan cara dipanggang dalam panggangan atau dikukus. Namun, ternyata ada cara yang lebih gampang untuk menciptakan camilan elok bolu ini, yaitu dengan memakai panci teflon yang biasa dipakai untuk memasak masakan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih terang bagaimana cara memanggang bolu dengan memakai panci teflon, simak resepnya berikut ini.

Bahan yang diharapkan :

  • 5 sendok makan tepung terigu tinggi protein ( lihat jenis atau protein terigu yang tertera pada kemasan)
  • 2 butir telur ayam. Pisahkan kuning dan putih telur dan letakkan pada wadah yang berbeda.
  • 5 sendok makan gula pasir atau dapat juga memakai gula halus.
  • ¼ sendok teh ovalet atau pengembang kue
  • 3 sendok makan mentega yang telah dicairkan sebelumnya dan didinginkan.
  • Garam secukupnya

Cara menciptakan bolu panggang teflon:

  1. Letakkan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuning telur pada suatu wadah yang berukuran cukup besar. Tambahkan gula dan ovalet pada putih telur tersebut. Aduk atau kocok putih telur dengan memakai mixer kecepatan sedang sampai mengembang dan kaku. Untuk mengetahui bahwa campuran telah kaku, angkat mixer dan kalau campuran tidak menetes berarti campuran putih telur sudah kaku.
  2. Setelah campuran kaku, masukkan kuning telur pada campuran putih telur satu per satu dengan tetap dikocok memakai mixer. Pertahankan campuran tetap kaku dengan cara mengocoknya selama kurang lebih 3 menit tanpa henti. Pastikan kuning telur telah tercampur dengan baik dan merata dalam adonan. Setelah campuran cukup kaku dan mengembangkan, matikan mixer.
  3. Angkat mixer dari wadah adonan, masukkan tepung terigu yang telah diayak sebelumnya secara perlahan ke dalam campuran sedikit demi sedikit. Kemudian aduk campuran yang bercampur terigu dengan memakai spatula.
  4. Tambahkan mentega yang sudah dicairkan dan didinginkan sebelumnya. Aduk rata dengan spatula. Sisakan sedikit mentega untuk mengolesi panci teflon yang akan dipakai untuk memanggang.
  5. Panaskan panci teflon diatas api dengan panas sedang. Tunggu sampai teflon agak panas. Tuang campuran bolu dalam panci teflon dan tutup panci tersebut. 
  6. Biarkan campuran bolu dipanggang dalam teflon selama kurang lebih dua puluh menit. 
  7. Untuk mengecek apakah camilan elok bolu sudah matang, buka tutup panci dan apabila bab atas camilan elok sudah tidak lengket berarti camilan elok sudah matang, atau dapat juga dengan cara menusukkan lidi pada camilan elok bolu. Jika camilan elok sudah matang maka camilan elok dapat diangkat dan dipindahkan ke piring saji.
  8. Angkat camilan elok dengan cara membalikkan camilan elok pada piring saji. Kue bolu panggang sudah siap untuk disajikan.

Kue bolu yang dipanggang tersebut juga dapat ditambahkan topping atau krim kalau sudah dingin. Jangan lupa untuk mencoba resep brownies kukus yang tak kalah enaknya. Selamat mencoba!