Nggak Perlu Belepotan, Pakai Cara Ini, Kita Pun Bisa Membuat Telur Asin Masir, Meski Pakai Telur Ayam Sekalipun

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Telur asin merupakan salah satu kuliner tradisional yang cukup terkenal di masyarakat. Konon, telur asin paling lezat yakni yang berasal dari Brebes.

telur asin

Telur asin Brebes memang terkenal enak. Selain rasanya yang gurih, tekstur kuning telur asin Brebes terasa masir dan berwarna jingga cerah.

Untuk mendapat cita rasa yang seenak itu, proses pembuatan telur asin Brebes memang cukup lama. Ditambahkan lagi para pembuatnya juga harus rela belepotan sebab telur harus dilumuri dengan lumpur bubuk gosok terlebih dahulu.

Sepertinya Anda tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Brebes atau harus repot mencari telur asin orisinil Brebes, kalau Anda tahu cara menciptakan telur asin yang akan dibahas County Food kali ini.

Dengan cara ini Anda juga tak perlu belepotan. Apalagi harus kotot-kotoran mengambil tanah liat atau bubuk gosok. Hasilnya pun luar biasa, walau menggunakan telur ayam sekalipun, kuning telurnya niscaya juga bakal masir.

Penasaran? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Bahan:
1. 20 butir telur bebek, basuh hingga higienis dengan air mengalir.
2. 1 kilogram garam.
3. 2 liter air putih.

Cara membuat:
1. Rebus air hingga menguap.
2. Tambahkan garam, masak sambil diaduk hingga larut dan biarkan mendidih, angkat, dinginkan.
3. Masukkan telur belibis ke dalam wadah, tuangkan larutan air garam, simpan di dalam ruangan yang minim cahaya selama 21 hari.
4. Setelah datang waktunya, tirisakan telur belibis dari larutan garam.

Nah, hingga disini telur asin sudah siap diolah. Anda sanggup merebus atau mengolahnya menjadi banyak sekali masakan. Seperti udang saus telur asin atau yang lain.

Selain telur bebek, tentunya cara ini juga sanggup diaplikasikan untuk telur ayam. Tapi, balasannya tentu saja lebih gurih jikalau menggunakan telur bebek. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!