Cara Praktis Membuat Peralatan Dapur Stainless Steel Berkilau Kembali

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Alasan banyak orang menentukan peralatan dapur berbahan stainless steel dapat jadi sebab kekal dan warnanya yang berkilau. Selain itu, perlatan berbahan stainless steel juga gampang dibersihkan. Perawatannya juga tergolong mudah.

Setelah dipakai, sendok makan, garpu, sendok sayur, atau panci berbahan stainless steel cukup dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air. Dan, perlatan itu pun sudah higienis dan berkilau kembali.

Peralatan dapur stainless steel

Masalanya, terkadang ada beberapa di antara peralatan itu yang jarang dipakai. Karena usang digantung atau diletakkan di ruang terbuka, peralatan tersebut jadi berdebu dan berkerak. Kalau sudah begitu, diharapkan cara ekstra untuk membersihkannya.

Eit, jangan buru-buru menghilangkan kerak itu dengan cara menggosokan sponge berpermukaan kasar. Takutnya nanti malah muncul ukiran pada permukaannya. Tenang, ada cara gampang untuk membersihkannya dan peralatan tersebut tetap kondusif dari goresan. Yaitu, memakai air garam. Berikut ulasannya.

Larutkan 3 sendok makan air garam dengan 2 liter air bersih. Rendam peralatan berbahan stainless steel di dalam larutan air garam tersebut. Biarkan larutan air garam bekerja. Lebih kurang selama 30 menit.

Simak juga: 5 Alat Masak yang Wajib Ada di Dapur

Setelah 30 menit, Anda akan melihat larutan air garam yang digunakan untuk merendam peralatan stainless steel akan menjelma keruh. Itu pertanda, jikalau debu dan kerak yang melekat pada peralatan tersebut sudah hilang. Selanjutnya, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih. Atau mencucinya dengan air sabun, bila perlu.

Setelah dibilas, keringkan peralatan stainless steel dengan lap bersih. Ketika mengeringkan sebaiknya jangan digosok terlalu keras, sebab takut nantinya permukaanya menjadi tergores. Meski tetap berkilau, tapi jikalau ada goresan, tentu tidak sedap lagi dipandang mata.

Sima juga: 6 Alat Makan yang Paling Penting dan Harus Ada di Meja Hidang

Nah, semoga tak lekas berdebu dan berkerak, sebaiknya peralatan tersebut disimpan di dalam ruang tertutup dan dibersihkan secara terencana dengan cara dilap dengan kain kering dan bersih.